Film Oppenheimer mendominasi di penghargaan Oscar 2024

Jakarta – Film Oppenheimer mendominasi di penghargaan Oscar 2024 pada Minggu, 10 Maret 2024 waktu setempat. Film Oppenheimer mendapatkan tujuh piala Oscar setelah meraih 13 nominasi.

Dikutip dari Forbes, ditulis Selasa (12/3/2024), sang sutradara Christopher Nolan bahkan mengakhiri waktu panjang dalam Academy Award untuk film-film beranggaran besar setelah memenangkan sutradara terbaik dan film terbaik berkat Oppenheimer.

Berdasarkan BoxOfficeMojo, Oppenheimer telah meraih penghasilan Rp 14,85 triliun (asumsi kurs dolar Amerika Serikat terhadap rupiah 15.504), dan menjadikannya penerima penghargaan global terbesar yang memenangkan penghargaan utama di Academy Award sejak The Lord of the Rings: The Return of the King yang dimenangkan pada 2004. Secara global, trilogy Lord of the Rings meraih USD 1,15 miliar atau sekitar Rp 17,83 triliun.

Selain itu, Oppenheimer juga meraih domestik box office terbesar di Amerika Serikat sebesar USD 329 juta atau sekitar Rp 5,10 triliun sejak The Return of the King.

Adapun film terakhir yang memenangkan film terbaik di sbobet indonesia Oscar dan meraih USD 100 juta atau sekitar Rp 1,55 triliun di box office Amerika Serikat pada 2012 yakni Argo.

Dengan prediksi anggaran USD 100 juta, Oppenheimer menjadi salah satu film dengan anggaran terbesar yang memenangkan film terbaik pada Oscar 2024.

Untuk perbandingan, film The Departed menjadi film dengan anggaran sekitar USD 90 juta yang memenangkan Oscar. Lalu, film Argo yang disutradarai Ben Affleck menjadi salah satu film dengan anggaran lebih tinggi USD 25 juta.

Mengutip slashfilm.com, dengan penghasilan sekitar Rp 14,9 triliun, Oppenheimer menjadi salah satu film yang memenangkan film terbaik di Oscar dalam 20 tahun.

Penantian Christopher Nolan
Sebelumnya diberitakan, yang dinanti akhirnya jadi kenyataan. Christopher Nolan menang Piala Oscar pertama kategori Sutradara Terbaik lewat film Oppenheimer yang dibintangi Robert Downey Jr dan Cillian Murphy.

Ini hasil dari penantian panjang mengingat kali pertama Christopher Nolan masuk bursa Piala Oscar di kategori Skenario Asli Terbaik lewat film Memento. Setelah 22 tahun berjuang, akhirnya sang sineas menang.

“Kepada Komite The Academy, industri film baru berusia lebih dari 100 tahun. Kita tak tahu ke mana arah perjalanan luar biasa ini setelahnya. Tapi mengetahui Anda menganggap saya bagian penting darinya sangat berarti bagi saya,” katanya.

Dalam malam puncak Piala Oscar 2024 yang digelar di The Dolby Theatre Los Angeles, AS, Minggu (10/3/2024) waktu setempat, kemenangan Oppenheimer di bidang penyutradaraan memuluskan jalannya meraih gelar Film Terbaik.