Gus Baha Ungkap Bahaya Besar bila Merasa Ibadahnya Tak Diterima Allah

Rais Syuriyah PBNU yang merupakan sosok ulama muda kharismatik asal Rembang, Jawa Tengah, KH Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha) membeberkan bahaya besar bila umat Islam merasa ibadah tak diterima Allah SWT.

Hal ini penting diberi tahu mengingat sikap pesimis dalam beribadah ini menghinggapi banyak umat muslim. Meskipun bila hal ini yang terjadi, tentu saja menyebabkan pengaruh negatif yang tak kecil.

Santri kesayangan Mbah Moen ini menekankankan pentingnya optimisme dalam beribadah. Karena, sikap ini nantinya juga akan mengobarkan energi positif kepada kehidupan kita.

Pun, berdasarkan dia bahaya besar menanti bila tak yakin ibadah diterima Allah.

Langsung bahaya besar apa, bila kita selalu dihinggapi rasa bersalah dan merasa slot server thailand super gacor ibadah kita tak diterima Allah?

Jangan Berfikir Sholat Diterima Atau Tak

Gus Baha menandaskan bahwa takdir di bumi Allah bisa sujud (shalat) sebagai format kehambaan mausia ini merupakan suatu kemuliaan yangluar lazim.

“Sudahlah kau gembira saja sebab pernah ditakdirkan bersujud (shalat-pen),” terangnya sebagaimana dinukil dari tayangan YouTube Short @ Sudarnopranoto, Rabu (05/06/2024).

“Itu suatu anugerah Allah SWT yang luar lazim,” sambungnya.

Oleh sebab itu, maka kita seyogyanya tak usah memikirkan tentang nantinya shalat atau sujud kita diterima oleh Allah atau tak.

“Kau tak perlu terganggu, diterima atau tak diterima,” jelasnya.

Bahaya Besarnya

Gus Baha mengungkapkan bahaya besar di balik rasa pesimis dalam beribadah. Karena bila hal ini terjadi, maka kemenangan ada di pihak setan sebab barhasil mengganggu pikiran kita.

Lebih celakanya lagi, tatkala merasa ibadah kita diterima, segera merasa ibadah yang kita lakukan sia-sia, maka tak mustahil kita nantinya akan malas beribadah, malahan sama sekali nantinya kita tak beribadah kepada Allah SWT.

“Karena bila kau terganggu, nanti lama-lama mengatakan: apa gunanya sujud kaau tak diterima. Dan itu setan menang bila sudah ada pertanyaan: apa gunanya sujud bila akhirnya tak diterima,” paparnya.

“Nah makanya disebut minsyarrilwaswasil khonnas. Kata Abu Hasan As-Syadzili was-was di sini merupakan setan menarik hati kau, supaya kau menganggap ibadah kau jangan-jangan tak diterima,” terangnya.

“Kemudian kau menyesali segala ibadah yang pernah kau lakukan,” sambungnya.

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul