kuliner gowa

Kuliner Tradisional Khas Gowa

Kota Gowa, yang terletak di Sulawesi Selatan, memiliki sejumlah kuliner tradisional yang khas dan lezat. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Pallubasa: Pallubasa adalah sup daging sapi yang khas dari daerah Gowa. Sup ini dimasak dengan bumbu rempah-rempah khas Sulawesi seperti lengkuas, jahe, dan kunyit, serta ditambahkan dengan santan untuk memberikan rasa gurih yang khas.
  2. Pallu Butung: Pallu Butung adalah hidangan khas Gowa yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu kacang, kelapa parut, dan rempah-rempah. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi putih hangat.
  3. Sop Saudara: Sop Saudara adalah hidangan sop khas Gowa yang terbuat dari daging sapi, tulang, dan jeroan yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah, serta ditambahkan dengan kacang tanah dan potongan kentang. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi putih dan sambal.
  4. Coto Makassar: Meskipun bukan berasal langsung dari Gowa, Coto Makassar adalah salah satu hidangan yang populer di daerah ini. Coto adalah sup daging sapi yang dimasak dengan bumbu kacang, rempah-rempah, dan serundeng. Hidangan ini biasanya situs slot bebas ip disajikan dengan ketupat atau burasa.
  5. Pisang Epe: Pisang Epe adalah camilan khas dari daerah Gowa yang terbuat dari pisang yang dipipis dan dipanggang atau dipanggang dengan arang. Pisang ini kemudian disajikan dengan siraman kuah gula merah atau madu, serta taburan kelapa parut yang telah diberi garam.
  6. Apang Hidangan: Apang Hidangan adalah kue tradisional khas Gowa yang terbuat dari tepung beras dan kelapa parut, yang kemudian dipanggang atau dikukus. Hidangan ini biasanya disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup.

Itulah beberapa contoh kuliner tradisional khas Gowa yang patut Anda coba jika berkunjung ke daerah ini. Selamat menikmati!