Makanan Khas Maluku yang Kaya Akan Rempah, Harus Coba!

Makanan Khas Maluku yang Kaya Akan Rempah, Harus Coba!

Negara kita sesungguhnya kondang bakal makanan khas yang kaya bakal rempah-rempahnya. Terbukti, di suatu wilayah provinsi atau kota saja, tentu terkandung makanan khas yang penuh bersama dengan filosofi masyarakat setempat, tak jikalau di wilayah Pulau Maluku. Yap, wilayah Maluku lebih-lebih Maluku Utara sesungguhnya dikenal sebagai pusat rempah-rempah, lebih-lebih cengkeh dan pala.

Dari zaman penjajahan bangsa asing sampai sekarang, wilayah Maluku Utara pun dijuluki sebagai Kota Rempah alias The Spice Island. Itulah mengapa, makanan khas dari Maluku pun sudah pasti kaya bakal bumbu-bumbu Nusantara supaya rasanya bakal begitu “berani” dan enak di lidah. Memangnya, apa saja sih makanan khas Maluku yang sering dicari oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara? Yuk, lihat ulasan selanjutnya ini, siapa jelas Grameds hendak berwisata ke Maluku dan coba hidangan khas dari The Spice Island tersebut.

1. Woku Komo-Komo

Makanan khas Maluku yang pertama adalah Woku Komo-Komo yang sampai pas ini masih jadi primadona bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara untuk dicicipi. Makanan Woku Komo-Komo ini terbuat berasal dari sagu yang mana sebetulnya judi bola merupakan keliru satu makanan pokok masyarakat Maluku. Ingat bahwa di negara kami ini punya banyak variasi makanan pokok selain nasi?

Cara pembuatan makanan khas Woku Komo-Komo ini pun sederhana, yakni sagu yang diperoleh berasal dari pelepah pohon sagu akan direndam selama tidak cukup lebih satu jam. Lalu, diberikan bumbu yang sudah pasti penuh bersama rempah-rempah, merasa berasal dari bawang putih, bawang merah, merica, jahe, santan, dan lainnya. Pemberian bumbu rempah-rempah inilah yang menciptakan cita rasa khas terhadap makanan Woku Komo-Komo. Tak jarang, jeroan ikan yang dipotong dadu akan ditambahkan ke makanan khas ini.

2. Ikan Kuah Pala Banda

Makanan khas Maluku yang ke-2 adalah Ikan Kuah Pala Banda yang sudah pasti punya cita rasa khas dikarenakan rempah-rempah yang digunakan. Mulai berasal dari pala, lada, cabai, dan rempah lainnya akan ikut ada terhadap makanan khas ini. Dulu dikala masih zaman penjajahan, makanan khas ini kerap dijadikan sebagai sajian khusus untuk para pejabat Belanda. Untuk memakannya, kebanyakan akan disantap bersama nasi putih biasa.

3. Ikan Asap

Sesuai bersama namanya, makanan khas ini berwujud ikan laut yang diolah bersama cara diasap agar punya rasa yang khas dan senantiasa awet lebih-lebih sampai 7 hari. Ikan laut yang akan diasap ini tersedia beragam, merasa berasal dari ikan cakalang, ikan tongkol, ikan haring, ikan tuna dan lainnya. Meskipun nampak sederhana, namun rasa ikan asap ini sangatlah khas dan enak. Biasanya, makanan ikan asap akan disantap bersama nasi putih, sambal colo-colo, dan kerupuk. Saat ini, ikan asap sudah banyak dijual di beberapa area di luar Pulau Maluku. Coba saja Grameds menuju pasar terdekat, pasti sudah tersedia penjaja yang tengah mengasapi ikan-ikan laut ini.

4. Papeda

Untuk makanan khas Maluku yang satu ini, pasti Grameds tidak asing lagi dikarenakan pas ini sudah banyak yang menjualnya. Yap, papeda yang merupakan keliru satu makanan tradisional Indonesia ini kerap disebut sebagai variasi bubur lokal. Pada umumnya, papeda terbuat berasal dari tepung sagu yang lantas dicampur bersama air, garam, dan gula. Tekstur akhir berasal dari papeda adalah kental, lengket, hampir sama bubur hanya saja lebih padat.

Papeda dijadikan sebagai makanan pokok pengganti nasi bagi masyarakat Indonesia Bagian Timur sejak zaman dahulu. Masyarakat setempat pun jarang menyantapnya secara langsung, agar kerap “disandingkan” bersama ikan tongkol maupun kuah mubara. Uniknya, makanan ini tidak dikunyah seperti nasi putih, namun diseruput langsung berasal dari mangkok. Namun termasuk mampu kok disantap bersama memanfaatkan sumpit dan sendok.

5. Nasi Lapola

Makanan khas Maluku sesudah itu adalah Nasi Lapola. Masyarakat Maluku selain mengonsumsi sagu dan papeda sebagai makanan pokok, termasuk menyantap nasi lapola di tiap-tiap harinya. Biasanya, nasi lapola akan disantap seiring bersama olahan ikan teri, sayur mentah, ikan tongkol basah, dan lauk pauk lainnya. Cara membuatnya pun cukup mudah, yakni beras biasa ditambahkan parutan kelapa muda dan kacang-kacangan.

Baca Juga: https://www.bayflatslodgeblog.com/11-makanan-meksiko-paling-populer-berasal-dari-burrito-sampai-fajita-yang-lezat/

6. Kasbi Komplet

Sebenarnya, Kasbi ini adalah nama lain dari singkong yang terhitung dimanfaatkan sebagai makanan pokok bagi penduduk Maluku. Tidak hanya dapat membantu mengendalikan kadar gula darah saja, tetapi singkong ini sebenarnya memiliki kandungan karbohidrat tinggi supaya cocok dijadikan sebagai makanan pokok pengganti nasi. Untuk menyebabkan makanan khas Maluku ini, kasbi dengan sebutan lain singkong lumayan direbus saja sampai matang. Setelah itu, tambahkan aneka sayuran layaknya jantung pisang, tumis bunga pepaya, tumis kangkung, dan ikan bakar rica.

7. Kohu-Kohu

Sekilas, makanan khas Maluku ini sebenarnya keluar layaknya makanan urap ya… Bedanya, makanan Kohu-Kohu ini manfaatkan ikan laut layaknya ikan tongkol, ikan tuna, ikan cakalang, lebih-lebih ikan teri sebagai tambahannya. Sementara itu, sayur-sayuran yang digunakan adalah kacang panjang, buncis, bayam, dan kangkung. Jangan lupakan daun kemangi karena itulah yang menyebabkan aroma makanan Kohu-Kohu ini jadi lebih khas. Untuk menyantapnya, penduduk Maluku jarang manfaatkan nasi, supaya menentukan bersama dengan singkong rebus atau kukus.

8. Ikan Gohu

Makanan khas Maluku setelah itu adalah Ikan Gohu yang sebenarnya berbahan basic daging ikan tuna atau cakalang. Yap, Ikan Gohu sebatas nama makanan khasnya saja, bukan nama ikan. Sesuai bersama dengan namanya, “gohu” di dalam bhs Maluku berarti ‘mengunyah suatu hal yang mentah’, supaya langkah menyantapnya pun secara mentah.

Cara membuatnya pun sederhana, yaitu daging ikan tuna maupun ikan cakalang segar akan dipotong dadu, lantas dilumuri bersama dengan jeruk nipis dan garam. Setelah itu, campurkan bersama dengan kemangi dan kenari. Rasanya sebenarnya akan merasa unik terlebih bagi para wisatawan yang baru mencicipinya. Ada rasa asam segar, gurih, dan sedikit manis bersama dengan daging ikan yang kenyal. Makanan khas ini tidak hanya sedap saja, tetapi terhitung sehat untuk tubuh karena 100% berbahan basic alami.

9. Buah Cempedak Goreng

Jika Grameds mampir ke Pantai Natsepa, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Maluku berwujud buah cempedak goreng. Di Maluku, buah nangka disebut bersama dengan buah cempedak yang lantas dikreasikan jadi camilan lokal berwujud cempedak goreng. Cara pembuatannya pun lumayan mudah, yaitu buah cempedak dengan sebutan lain buah nangka diiris lantas dicelupkan ke di dalam adonan tepung dan digoreng. Adonan tepung yang komposisinya tepat dapat turunkan bau khas dari buah cempedak tersebut.

10. Acar Kuning

Sekilas, makanan khas Maluku bernama acar kuning ini keluar layaknya makanan yang biasa disajikan di area pesta pernikahan di area Jawa ya. Yap, acar kuning sebenarnya jadi makanan khas Kepulauan maluku yang sangat populer. Berbahan utama mentimun dan wortel yang dicacah kecil, lantas ditambahkan rempah-rempah berwujud bawang putih, bawang merah, bubuk kunyit, kemiri, garam, gula, minyak, cabai rawit, air, dan pasti saja cuka supaya merasa layaknya acar. Makanan khas ini umumnya akan disajikan seiring bersama dengan nasi kuning khas Maluku.