Tom Yum thai

Makanan Khas Negara Thailand Wajib Dicoba

Thailand miliki kekayaan budaya, sejarah, sampai kuliner yang nggak boleh slot gacor dilewatkan. Nah, anda nggak cuma mesti mengunjungi tempat-tempat wisata, melainkan terhitung mencicipi makanan khas negara Thailand.

Maka dari itu, wisata kuliner di Thailand mesti masuk ke dalam konsep perjalanan kamu. Apalagi, Thailand miliki aneka kuliner yang eksotis bersama cita rasa autentik. Biar nggak kelewatan, lihat pernah makanan khas Thailand yang paling recommended buat anda coba, tersebut ulasannya.

Rekomendasi Makanan Khas Thailand yang Nggak Boleh Dilewatkan Saat Liburan

Thailand miliki makanan khas bersama cita rasa nikmat yang mesti anda coba, layaknya berikut:

1. Tom Yum

Tom Yum atau tom yam merupakan sup khas Thailand yang disajikan hangat. Rasa sup ini asam dan pedas. Tom yum juga pakai rempah-rempah yang harum bikin kaldu, dan pakai pasta bernama nam prik pao. Tom yum biasa pakai bahan dasar udang dan daging babi. Kalau pakai udang itu dimasukkan sehabis sup mendidih. Kalau babi dimasukkan sebelum saat sup mendidih.

2. Pad Thai

Pad Thai biasa dikenal sebagai street food, merupakan mie nasi tumis. Restoran besar pun ada yang menyediakan menu ini. Pad Thai pakai bahan dasar mie beras kering, lalu digoreng bersama telur dan jelas yang dicincang. Bumbunya saus asam, bubur asam, udang kering, bawang merah dan putih, cabai merah, gula aren. Penyajiannya biasa pakai jeruk nipis atau irisan kacang panjang.

3. Mango Sticky Rice

Mango sticky rice populer sebagai hidangan penutup di Thailand. Menu dessert ini pakai bahan beras ketan dan mangga, konsisten diberi campuran santan dan gula aren, dan juga garam. Cara bikinnya yaitu bersama mengukus beras ketan lalu dicampur bersama santan, gula aren, terhitung garam. Kalau sudah, tinggal dilengkapi bersama irisan mangga. Rasanya gurih, ada manisnya, terhitung sedikit asam.

Baca juga:
4 Bumbu Rawon Daging Sapi Khas Jawa Timur, Lengkap dengan Resep dan Cara Memasak

Mengenal Hummus, Hidangan Khas Timur Tengah Pengganti Nasi

4. Kaeng Phet

Kaeng phet atau kari merah pakai bahan campuran bumbu kari merah dan santan, dan juga daging ayam, sapi, atau babi. Pembuatan bumbu kari merah bersama cara tradisional, pakai bahan cabai merah kering, bawang merah dan putih, lengkuas, jintan putih, lada, garam, terasi, dan sebagainya. Nah, bumbu tersebut dihaluskan lalu dimasak pakai minyak goreng dan santan kelapa.

5. Kaeng Khiao Wan

Kaeng khiao wan adalah kari hijau khas Thailand. Bahannya pakai cabai hijau, pasta kari hijau, saus ikan, santan, gula aren, kadang terhitung sertakan terong dan lebih-lebih buah. Oh iya, pasta kari hijau dibikin dari bumbu pasta udang, biji jintan, dan garam, lalu digoreng pakai krim kelapa. Penyajian kaeng khiao wan ini biasa pakai nasi, mi, daging ayam atau sapi, terhitung roti.

6. Guay Teow Rhua

Guay teow rhua juga merupakan makanan khas yang nggak boleh dilewatkan selagi anda liburan. Guay teow rhua berarti bakmie perahu dikarenakan di zaman dahulu, orang-orang menjualnya di atas perahu. Bahan utamanya yaitu darah babi, lalu dicampur mi, kwetiau, bihun, dan ada daging babi atau sapi, terhitung aneka macam bumbu di dalamnya.

7. Khao Soi

Khao soi adalah masakan Chin Haw yang kondang di Thailand utara. Khao soi artinya “beras potong”, dikarenakan makanan ini pakai bahan adonan berupa mi beras. Cara mengolahnya yaitu bersama mengukusnya pakai kain, nah kainnya direntangkan di atas air yang mendidih, lalu dipotong pakai gunting. Bumbunya berupa rempah, kari, dan juga daging babi atau sapi, boleh pakai atau tanpa santan.

8. Khanom Chin Nam Ya

Khanom Chin adalah mi beras tipis. Bahan dasarnya beras yang di-fermentasi tidak cukup lebih tiga hari, lalu direbus, sesudah itu dibentuk mi, warnanya putih dan juga teksturnya lembut. Cara bikin masakan ini bersama menumbuk bumbu dan ikan, lalu direbus pakai santan bersama suhu sedang, dan dilengkapi bola ikan. Khanom chin lalu dituangkan bersama kari ikan dan sayuran fresh di piring.

9. Gai Yang

Gai yang berarti “ayam bakar”. Makanan ini berasal dari Indochina, dan Thailand terhitung termasuk. BAhan dasarnya ayam utuh dibelah dua, lalu ditumbuk bersama bumbu khas, sesudah itu diasinkan lalu dipanggang pakai api arang dalam selagi cukup lama. Penyajian gai yang pakai nasi ketan dan salad pepaya hijau, terhitung sayur mentah, atau anda sanggup mencelupkannya ke saus pedas jaew bong.

10. Khao Tom

Khao tom ini mirip bersama makanan lepat atau lepet di Indonesia. Khao tom pakai bahan nasi ketan yang diberi bumbu dan dikukus, sesudah itu dibungkus pakai daun pisang. Cita rasanya gurih dan biasa diberi isian lemak babi, atau kacang hijau, atau terhitung pisang dan santan. Di Thailand, khao tom kadang berwarna biru, asal warna tersebut dari bunga Clitoria ternatea.