Kue Cromboloni

Mengenal Kue ‘Cromboloni’, Mulai dari Asal Usul sampai Mengapa Menjadi Viral di Sejumlah Negara

 Kue Cromboloni, bersamaan dengan kehadirannya yang memikat lidah banyak orang, kini menjadi sensasi kuliner yang sedang viral. Namun, sedikit yang paham bahwa kisah di balik kelezatan ini membawa kami pada perjalanan histori yang menarik.

Asal-usul Kue Cromboloni

Cromboloni berasal dari Italia, tepatnya di area Naples. Awalnya dikenal sebagai “Sfogliatella Riccia,” kue ini terbuat dari lapisan adonan tidak tebal yang disusun secara spiral dan diisi dengan campuran ricotta, gula, dan sedikit kulit jeruk. Masyarakat Naples memandangnya sebagai simbol tradisional kulinernya.

Perjalanan Cromboloni ke Seluruh Dunia

Seiring dengan migrasi dan globalisasi, kue Cromboloni menemukan area di banyak negara. Setiap area beri tambahan sentuhan lokal pada resepnya, menciptakan variasi unik yang memikat bermacam selera. Di bermacam negara, ia dijuluki dengan bermacam nama layaknya “Lobster Tail” di Amerika Serikat. Sebelum viral di Indonesia, cromboloni sudah lebih dulu viral di New York, Amerika Serikat pada 2022 lalu. Akan tetapi, saat itu pastry ini dinamakan parlay The Supreme, bukan cromboloni.

Mengutip laman Fox News, The Supreme diciptakan dan dijual oleh seorang pastry chef bernama Scott Cioe menciptakan dan menjual pastry ini di tokonya. Penciptaan The Supreme atau yang di Indonesia dikenal dengan cromboloni, berawal dari permintaan chef Scott Cioe untuk mengakibatkan kroisan menjadi lebih menarik dan beda dari biasanya agar menyebabkan minat pelanggan untuk datang ke tokonya.

Baca juga:

Makanan Khas Negara Thailand Wajib Dicoba

Makanan Khas Italia yang Populer di Dunia

Viral di Era Digital

Keunikan dan kelezatan Cromboloni memainkan peran kunci di dalam kemunculannya di sarana sosial. Foto-foto menggiurkan kue ini dengan lapisan tidak tebal yang renyah dan isian yang melimpah membanjiri platform-platform digital.

Sebagai hasilnya, Cromboloni menjadi bukan cuma cita rasa yang memanjakan, tapi juga fenomena sosial yang mendunia.

Sumber Viralitas

Banyak sumber yang ikut memperkuat kepopuleran Cromboloni di dunia maya. Koki tenar yang membagikan resep dan tutorial pembuatan, ulasan positif dari food blogger ternama, serta partisipasi aktif komunitas kuliner di sarana sosial seluruhnya berkontribusi pada fenomena ini. Terlebih lagi, kreativitas di dalam penyajian dan variasi rasa juga menjadi daya tarik utama. Kepopuleran kue Cromboloni tidak cuma didasarkan pada kelezatan rasa, tapi juga kecerdasan digital di dalam gunakan tren sosial.