Mengenal Kuliner Makanan Khas Negara Korea Sundae Gopchang Bokkeum yang Anti Mainstream

Sundae Gopchang Bokkeum yaitu makanan khas dari Korea Selatan, yang mempunyai arti Sundae (sosis darah) dan Gopchang (usus). Makanan ini terdengar ekstrem namun telah menjadi makanan awam bagi orang Korea.

Bagi orang yang baru pertama melihat makanan ini mungkin akan kehilangan nafsu makan. Pasalnya, sundae diciptakan dari darah yang dibekukan dan disusun menyerupai sosis. Gopchang juga komponen jeroan yang mana jarang disukai oleh banyak orang.

Sundae Gopchang Bokkeum atau usus dan sosis darah yang ditumis bisa ditemukan di seluruh kota. Dan darrah paling familiar dengan Sundae Gopchang Bokkeum yaitu Silim-dong di Seoul, Jidong di kota Suwon, dan Beonchang di kota Anyang, Gyeonggi-do.

Resep makanan dengan cita rasa lokal, bisa menjadi pertimbangan menu makan ketika tur kuliner. Apalagi setiap daerah punya metode penyakian yang berbeda. Seperti di Silim-dong, Seoul terdapat 25 pedagang di gedung lantai 3. Tiap-tiap bonus new member 100 pedagang mempunyai resep autentik masing-masing.

Kalau pergi ke Silim-dong pesanlah “wonjo baeksundae bokkeum” yang yaitu sosis darah dengan tumisan sayusan dan gopchang, harganya 16 ribu won atu sekitar Rp 200 ribu untuk 2 porsi. Sundae, gopchang, kubis cacah, daun bawang, wortel, dan bahan lainnya dimasak di wajan besi.

Cara memakannya bisa dengan mencoba sundae dan gopchang secara terpisah, sehingga kamu bisa merasakan perbedaan tekstur dan rasa. Atau dicelupkan dalam saus chojang (pasta cabai dengan cuka). Setelah itu, kamu bisa menyantapnya dengan metode ssam atau dibungkus dengan sayuran, dan didampingi dengan soju.