Menggoda Selera: Menjelajahi Kelezatan Kue Tradisional Jakarta

Jakarta, sebagai ibu kota Indonesia, tidak hanya menawarkan keanekaragaman budaya dan atraksi modern, tetapi juga menyajikan berbagai kue tradisional yang lezat dan menggugah selera. Dari kue kering yang renyah hingga kue basah yang lembut, berikut adalah beberapa kue tradisional yang patut dicoba di Jakarta:

1. Kue Lumpur: Kue Lumpur adalah kue tradisional Indonesia yang terbuat dari campuran tepung terigu, gula, santan, dan telur, kemudian dipanggang hingga matang. Biasanya disajikan dalam bentuk bulat dengan taburan wijen di atasnya, kue ini memiliki tekstur lembut dan manis yang memanjakan lidah.

2. Kue Rangi: Kue Rangi adalah kue tradisional Betawi yang terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, gula merah, dan santan. Kue ini memiliki tekstur yang kenyal dan manis karena gula merahnya, serta aroma harum dari kelapa parut yang telah dipanggang.

3. Kue Lumpur Abang: Kue Lumpur Abang adalah versi modern dari kue lumpur tradisional, yang memiliki tambahan slot server thailand topping seperti keju parut atau cokelat meleleh di bagian atasnya. Ini memberikan sentuhan tambahan yang lezat dan menggugah selera pada kue lumpur yang sudah nikmat itu.

4. Kue Lapis: Kue Lapis adalah kue tradisional Indonesia yang terdiri dari lapisan-lapisan tipis yang dibuat dari campuran tepung beras, santan, gula, dan pewarna alami. Kue ini memiliki tekstur yang kenyal dan manis, serta memberikan kesan yang cantik dengan warna-warni yang menarik.

5. Kue Mangkok: Kue Mangkok adalah kue tradisional Jakarta yang terbuat dari campuran tepung terigu, gula, dan telur, kemudian dipanggang dalam mangkuk kecil hingga matang. Kue ini memiliki tekstur yang lembut di bagian dalam dan renyah di bagian luar, serta aroma vanila yang harum.

6. Kue Putu: Kue Putu adalah kue tradisional Indonesia yang terbuat dari campuran tepung beras dan gula merah, kemudian dimasukkan ke dalam cetakan bambu dan dipanggang hingga matang. Kue ini biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut dan gula merah, memberikan rasa manis dan aroma yang lezat.

Dari kue tradisional Betawi hingga kue kering yang lezat, Jakarta menawarkan berbagai pilihan kue tradisional yang menggugah selera. Selama berkunjung ke ibu kota ini, pastikan untuk mencicipi beberapa kue tradisional yang lezat ini dan menikmati kelezatan dari warisan kuliner Indonesia.