Menikmati Keunikan Makanan Khas Kota Prindavan

Menikmati Keunikan Makanan Khas Kota Prindavan

Kota Prindavan, terletak di negara bagian Uttar Pradesh, India, merupakan kota suci bagi umat Hindu yang dianggap sebagai tempat kelahiran dewa Krishna. Tidak hanya memiliki keindahan tempat suci yang memukau, kota ini juga terkenal dengan kuliner khasnya yang lezat dan unik.

Berikut ini adalah beberapa makanan khas Kota Prindavan yang wajib dicicipi jika berkunjung ke kota ini:

Chhappan Bhog

Chhappan Bhog adalah makanan khas yang terdiri dari 56 jenis makanan yang dihidangkan dalam satu piring. Makanan-makanan tersebut meliputi berbagai jenis kue, jajanan, dan hidangan utama seperti nasi, dal, dan sabji. Biasanya disajikan di kuil-kuil atau saat perayaan khusus.

Peda

Peda adalah kue tradisional India yang terbuat dari susu, gula, dan rempah-rempah. Di Kota Prindavan, Peda menjadi makanan khas yang diproduksi oleh berbagai toko oleh-oleh dan pedagang kaki lima. Ada berbagai jenis Peda yang bisa dicoba, mulai dari Peda dengan rasa coklat, kacang, hingga jahe.

Aloo Tikki

Aloo Tikki adalah makanan ringan yang terbuat dari kentang yang dihancurkan dan dicampur dengan tepung dan rempah-rempah, lalu digoreng hingga matang. Aloo Tikki biasanya disajikan dengan chutney atau saus tomat, dan menjadi makanan favorit para wisatawan yang mengunjungi kota ini.

Bedai

Bedai adalah roti goreng yang terbuat dari tepung gandum, kacang hijau, dan rempah-rempah. Roti ini biasanya disajikan dengan dal dan achar, dan menjadi sarapan favorit warga Kota Prindavan.

Kachori

Kachori adalah makanan ringan yang terbuat dari tepung kacang hijau yang diisi dengan kentang, lentil, dan rempah-rempah. Kachori bisa dijadikan sebagai camilan atau hidangan utama, tergantung pada cara penyajiannya.

Tidak hanya enak, makanan-makanan khas Kota Prindavan juga memiliki nilai historis dan religius yang tinggi. Sebagai kota suci, keberadaan makanan-makanan khas tersebut turut menjadi bagian dari kehidupan spiritual dan budaya masyarakat setempat.

Chai (Teh Masala)

Chai adalah minuman teh yang sangat populer di seluruh India. Ini adalah teh hitam yang diseduh dengan rempah-rempah seperti kayu manis, cengkeh, jahe, dan cardamom. Chai sering dicampur dengan susu dan gula, dan disajikan hangat. Minuman ini adalah salah satu minuman tradisional yang paling umum dinikmati di pagi hari dan sore hari oleh banyak orang di India.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi keunikan kuliner khas Kota Prindavan saat berkunjung ke kota suci ini.