Olahan Ikan Terenak di Asia Tenggara Rupanya Makanan Indonesia, Cek Daftarnya

Pempek menempati peringkat teratas sebagai hidangan ikan olahan terbaik. Foto: Repro

Indonesia punya banyak kekayaan masakan dan makanan nusantara yang diakui kelezatannya di dunia. Tak hanya nasi goreng dan mie goreng, makanan olahan ikan seperti pempek, baru-baru ini juga dinobatkan sebagai makanan olahan ikan terbaik di Asia Tenggara.

Diinformasikan dari Databooks.katadata.id, situs panduan wisata dan masakan Taste Atlas merilis daftar 10 hidangan ikan olahan terenak di Asia Tenggara. Terdapat tiga masakan khas Indonesia yang masuk di daftar ini.

Pempek menempati peringkat teratas sebagai hidangan ikan olahan terbaik pada September 2023, dengan perolehan nilai 4,7 dari 5 nilai. Pempek adalah makanan tradisional khas Palembang, Sumatera Selatan, yang terbuat dari daging ikan giling, umumnya ikan gabus atau tenggiri, serta tapioka.

“Makanan berbentuk bulat atau persegi slot deposit qris panjang ini umumnya dikukus. Kemudian sebelum disajikan, pempek digoreng dengan minyak sayur dan dipotong-potong seukuran sekali gigit,” tulis Taste Atlas dalam laporannya.

Kemudian di peringkat dua ada ikan bakar asal Indonesia dengan nilai 4,6 dari 5 nilai. Hidangan ini bisa ditemui di beraneka penjuru Nusantara. Umumnya ikan dilumuri dahulu dengan sambel, kecap, kunyit, lengkuas, dan bumbu-bumbu lainnya, lalu dibakar hingga matang.

“Hidangan ini umumnya disajikan dengan saus cocolan seperti sambel belacan dan sambel kecap,” kata Taste Atlas.

Kemudian peringkat ketiga diisi oleh canh chua ca atau sup asam manis asal Vietnam yang mendapat nilai 4,5 nilai. Sup berbahan dasar ikan ini memiliki ciri khas kombinasi rasa manis, pedas, dan asam yang unik. Lalu disajikan bersama kaldu, potongan nanas, tomat, okra, tauge, dan sayuran lainnya.

Adapun peringkat ke-10 kembali ditempati makanan khas Indonesia, adalah pecel lele dengan nilai 3,9 nilai. Satu porsi pecel lele umumnya terdiri dari lele goreng, dipadukan dengan sambel terasi, mentimun, selada, dan kubis. Bisa juga disajikan bersama nasi putih, tahu, dan tempe sebagai pelengkap.

Berikut daftar lengkap 10 hidangan ikan olahan terbaik di Asia Tenggara versi Taste Atlas per 13 September 2023 dikutip dari Bandungklik.com.

1. Pempek (Indonesia): 4,7 nilai

2. Ikan bakar (Indonesia): 4,6 nilai

3. Canh chua ca (Vietnam): 4,5 nilai

4. Daing na bangus (Filipina): 4,3 nilai

5. Keropok lekor (Malaysia): 4,2 nilai

6. Pla neung manao (Thailand): 4,2 nilai

7. Daing (Filipina): 4,1 nilai

8. Khanom chin nam ya (Thailand): 4,1 nilai

9. Amok trey (Kamboja): 4,1 nilai

10. Pecel lele (Indonesia): 3,9 nilai. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali