Resep Ikan Bumbu Kuning Terenak, Dimasak Pesmol dan Pedas Mantap Sekali

Ada banyak resep ikan bumbu kuning yang dapat dikreasikan di rumah. Ada yang dimasak dengan bermacam-macam bumbu dan rempah. Ada juga dimasak dengan tambahan santan.

Anda dapat berkreasi cocok dengan selera. Kuliner berbahan utama ikan ini hanya diolah dengan bumbu kunyit dan sebagian rempah. Rasanya gurih dan lezat.

Anda dapat menerapkan bermacam-macam macam ikan laut atau ikan air tawar. Dapat disesuaikan dengan selera. Apabila beratensi membuat ikan bumbu kuning, Anda dapat mengolah dengan sebagian resep opsi.

Ingin tahu resep ikan bumbu kuning yang lezat dan gurih? Berikut ulasannya seperti dikutip lewat spaceman pragmatic bermacam-macam Instagram, Rabu (15/7/2020).

Resep Ikan Bumbu Kuning Pesmol

Bahan:
Bahan :⁣
1 ekor ikan gurame (sekitar 700 gram)⁣
1 jeruk nipis⁣
12 cabai rawit utuh (selera)⁣
1 tomat merah⁣
2 lembar daun salam (sobek)⁣
4 lembar daun jeruk ⁣
2 batang sereh (geprek)⁣
2 batang daun bawang (iris memanjang)⁣
5 cm lengkuas (geprek)⁣
350 – 400 ml air (cocok selera)⁣
2 sdt gula⁣
1/2 sdt lada⁣
1/2 sdt cuka⁣
1/2 sdt garam⁣
1/2 sdt kaldu bubuk (kaldu jamur)⁣
Minyak untuk menggoreng ikan dan menumis

Bumbu Halus:
10 siung bawang merah⁣
5 siung bawang putih⁣
5 butir kemiri (disangrai dahulu)⁣
5 cm kunyit (dibakar dahulu) / 1/2 sdt kunyit bubuk⁣
2 cm jahe⁣
Blender seluruh bumbu halus dengan sedikit air

Metode Memasak:
1. Bersihkan sisik ikan dan bagian perut ikan, bilas bersih dan lumuri dengan air jeruk nipis dan sedikit garam. Diamkan 10 menit⁣.
2. Goreng ikan gurame hingga matang, sisihkan.⁣
3. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus, masukkan daun salam, daun jeruk, sereh, lengkuas, lalu tumis hingga bumbu wangi dan bau langu hilang.⁣
4. Tuang air, lalu tambahkan gula, garam, kaldu bubuk, lada dan cuka, masak hingga mendidih dan air sedikit menyusut. pembetulan rasa.⁣
5. Tuang cabai rawit utuh dan daun bawang lalu aduk sebentar⁣. Apabila berharap lebih banyak kuah boleh tambahkan air lagi⁣.
6. Masukkan ikan dan tomat kemudian godok sebentar / boleh juga siram bumbu pesmol di atas ikan (cocok selera). Selamat Mencoba.