Resep Membuat Golgappa

Resep Membuat Golgappa, Makanan India pada Film ‘Rab Ne Bana Di Jodi’

Salah satu adegan ikonik pada film ‘Rab Ne Bana Di Jodi’ adalah saat Anushka Sharma dan Shah Rukh Khan berlomba makan golgappa sebanyak-banyaknya.

Adegan tersebut pun berhasil membuat pamor golgappa naik dan menjadikannya jajajan yang harus dicoba saat ke India. Pada dasarnya sajian golgappa atau lebih umum dikenal sebagai pani puri, merupakan kudapan yang berbentuk bola berongga renyah terbuat www.proautogroupllc.com dari semolina atau gandum. Golgappa berisi kentang pedas dan disajikan dengan kuah air asam. Makanan ini juga menjadi pelengkap bagi acara perayaan di India seperti festival hingga pernikahan. Tidak perlu jauh-jauh ke India, kamu bisa membuat golgappa atau pani puri di rumah. Melansir Times of India berikut resep golgappa atau pani puri. Ilustrasi penjaja street food di India membuat pani puri atau golgappa.

Resep golgappa

           Bahan

  • 1 gelas tepung semolina
  • Air sesuai kebutuhan
  • 3 sendok makan bubuk jintan
  • 5 cabai hijau
  • 1/2 sendok teh soda kue
  • Minyak olahan sesuai kebutuhan
  • 1 1/2 sendok makan garam hitam
  • 4 sendok makan bubuk jaggery (seperti gula merah)
  • 1 cangkir kacang polong rebus
  • Saus tamarind chutney sesuai kebutuhan
  • 1 cangkir pasta asam
  • 1 cangkir daun ketumbar
  • 1 cangkir tepung terigu
  • Garam sesuai kebutuhan
  • 1 1/2 cangkir daun mint
  • 2 sendok makan boondi atau camilan asal yang terbuat dari tepung berbentuk bulat-bulatan kecil
  • 4 kentang tumbuk rebus
  • Bumbu chutney hijau sesuai kebutuhan
  • Lada hitam sesuai kebutuhan

Cara membuat golgappa

1. Langkah pertama adalah membuat puri alias camilan bulat renyah. Ambil mangkuk besar. Masukkan tepung semolina, tepung terigu, soda kue, sedikit garam, dan air secukupnya.

Lalu aduk adonan dan uleni sampai kalis. Kemudian, tutupi dengan kain muslin, diamkan sekitar setengah jam.

2. Setelah selesai, buat beberapa bola berukuran kecil dari adonan yang sudah disiapkan.

Selanjutnya, letakkan adonan yang sudah dibentuk pada permukaan yang rata dan taburi tepung terigu. Ratakan lalu pipihkan adonan tetapi jangan sampai tipis.

3. Letakkan wajan pada api sedang dan tuangkan minyak goreng secukupnya. Setelah minyak cukup panas, goreng puri dari adonan yang sudah berbentuk bulat.

Goreng 3 sampai 4 adonan sekaligus sambil memastikan masing-masing sudah mengembang dan menyerap minyak dengan baik. Selain itu, pastikan api yang dibuat untuk menggoreng adalah api sedang, jangan terlalu besar.

Setelah matang, tiriskan lalu letakkan di atas tisu untuk menghilangkan minyaknya. Biarkan dingin. Ilustrasi tamarind chutney, salah satu bahan golgappa atau pani puri, kuliner khas India. Salah satu bahan golgappa atau pani puri, kuliner khas India.

4. Langkah selanjutnya adalah membuat pani atau saus khas untuk puri.

Ambil blender, masukkan cabai hijau, ketumbar bersama daun mint dan haluskan. Setelah selesai, pindahkan pasta cabai-mint itu ke teko.

Aduk pasta bersama 4 gelas air, boondi, garam hitam, jaggery, biji jintan panggang. Campur adonan sampai rata.

5. Kemudian, buat pani yang disiapkan melalui saringan untuk menghilangkan komposisi yang kasar. Setelah selesai, masukkan ke dalam kulkas untuk didinginkan.

Sekarang yang yang kurang adalah menyiapkan isian. Untuk itu, ambil mangkuk dan campurkan kentang tumbuk bersama kacang polong. Tambahkan garam dan merica sesuai selera.

6. Terakhir, ambil puri dan buat lubang kecil di atasnya, hati-hati dalam memberi lubang karena tekstur puri dangat rapuh. Isi campuran buncis dan kentang dalam porsi yang sama.

Tambahkan chutney hijau dan asam ke dalamnya dan sajikan bersama pani yang sudah didinginkan tadi.  Ilustrasi golgappa atau pani puri, kuliner India yang berbentuk bulat berongga. Biasa disajikan dengan saus berwarna hijau. golgappa atau pani puri, kuliner India yang berbentuk bulat berongga. Biasa disajikan dengan saus berwarna hijau.

Tips membuat golgappa

Untuk membuat puri super renyah, kamu harus menguleni adonan dengan air soda. Hal ini akan membuat pani puri mengembang dengan mudah dan terasa lebih enak.

Kamu dapat mengistirahatkan adonan selama sekitar satu hingga dua jam, tetapi pastikan ditutup dengan kain muslin (kain katun dengan tenunan polos) yang basah. Jika tidak tertutup, udara bisa membuat adonan mengering.

Jika kamu tidak sempat menggoreng puri langsung, simpan dalam wadah kedap udara selama sekitar 10-15 menit, sehingga kamu bisa menggorengnya dalam jumlah besar untuk digunakan nanti. Pastikan juga saat menguleni, adonanmu sudah memiliki tekstur yang  sangat keras untuk membuat puri. Jika tidak, puri bisa saja kurang mengembang.

Baca juga: https://www.bayflatslodgeblog.com/kabuli-pulao-recipe/