Soto Banjar Kuin Abdhu, Untuk Makanan Khas Dari Banjarmasin di Balikpapan

Soto yakni makanan khas masyarakat di Indonesia. Malah, tiap-tiap tempat memiliki ciri khas masakan soto sendiri-sendiri.

Seperti halnya Soto Banjar yang yakni makanan khas asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Salah satu kafe atau warung makan yang menyediakan soto Banjar yakni Soto Banjar Kuin Abdhu, Balikpapan.

Meskipun tidak berada di kota asalnya, rasa soto Banjar di Soto Banjar Kuin Abdhu Balikpapan diakui betul-betul lezat dan seperti soto Banjar pada biasanya yang ada di Kalimantan Selatan. Ada beragam menu yang ada di Soto Banjar Kuin Abdhu Balikpapan yakni Sate Ayam, Soto Ketupat Biasa, Soto Nasi Biasa, Sop Tanpa Nasi, Tulangan Ayam, Paha Ayam Kampung dan Dada Ayam Kampung.

Hal unik dari soto Banjar ketimbang soto biasanya https://tiendasdeconveniencia.org/ yakni soto Banjar biasanya dikonsumsi atau disajikan bersama dengan sate ayam yang dikasih bumbu saus kacang yang bercita rasa manis dan pedas. Selain itu, ada istilah “sop” di masakan soto Banjar, yang artinya sop yakni soto Banjar dimakan bersama dengan nasi. Hal ini karena soto Banjar biasanya dikonsumsi dengan ketupat.

Di dalam soto Banjar terdapat beragam isian seperti ketupat, bihun putih, suwiran daging ayam, telur bebek rebus, ketela rebus, dan ditaburi daun seledri dan bawang goreng. Anda juga dapat menambahkan kerupuk emping agar menambah tekstur saat mengonsumsi masakan berkuah satu ini.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan perasan jeruk nipis pada soto Banjar agar rasanya kian segar. Bagi Anda yang berkeinginan rasanya tambah pedas, Anda juga dapat menambahkan saus pedas ke dalam soto.

Untuk harganya, satu porsi soto Banjar dan ketupat yakni Rp 20.000, Nasi Sop (soto Banjar dengan nasi) yakni Rp 20.000, sop tanpa nasi atau ketupat yakni Rp 20.000, sate ayam 10 tusuk Rp 20.000, dan soto nasi atau ketupat porsi separuh yakni Rp 18.000. Anda dapat menambahkan sebagian menu tambahan seperti nasi atau ketupat yakni Rp 5.000, tulangan ayam yakni Rp 14.000, telur bebek yakni Rp 5.000, dada ayam kampung yakni Rp 40.000, paha ayam kampung yakni Rp 20.000, dan sayap ayam kampung Rp 15.000.

Untuk minumnya, ada teh (es atau panas atau hangat) dengan harga Rp 5.000, jeruk (es atau panas) Rp 6.000, air es Rp 2.000. Di sini juga disediakan minuman alpukat kocok dengan harga alpukat susu Rp 8.000, alpukat milo Rp 13.000, alpukat keju Rp 13.000, milo susu Rp 7.000, dan alpukat milo+keju Rp 16.000.

Sekiranya Anda berkeinginan segera merasakan nikmatnya soto Banjar Kuin Abdhu, Anda dapat segera mengunjungi lokasinya yakni di Jl. A. Yani No. 1 RT. 49, Balikpapan. Melainkan, sekiranya Anda tidak dapat mengunjunginya, Anda dapat memesannya secara online via beragam platform ojek online. Selamat mencoba.